[Thousand Tips] Band maen instagram mulu. Band apa OLSHOP?


Source : google
Mimin pernah dapet kritik dan saran yang kurang lebih maksudnya tuh, so artis banget tiap manggung bawa crew dokumentasi terus. Hahaha. Terimakasih buat masukan nya.
Seriously, emang Thousand Sunny kalau perform selalu ada orang orang yang berlarian keatas panggung tau selip selip diantara penonton buat mengabadikan moment. Iyah! Photographer dan videographer. So artis? hahaha... Terserah deh untuk hal itu gimana dipandangnya. Yang pasti, team dokumentasi itu penting dalam perkembangan sebuah band. Terus lebih penting team dokumentasi gitu dari pada SOUND ENGINEER sampai Thousand Sunny selalu mementingkan team dokumentasi ketimbang soundman? Eits, ga ada tuh satupun dari kami yang pernah bilang kaya gitu. Soundman itu udah ga bisa di pungkiri lagi betapa wajib dan penting kehadiran nya dalam sebuah band. SANGAT PENTING! dan kami juga selalu berusaha tampil optimal dengan di bantu si penjaga gawang tersebut. Tapi, karena soundman kerjanya di FOH, ya mungkin ga begitu keliatan ga kaya team dokumentasi yang lari lari kesana kemari sampai naek panggung.
Jadi bisa disimpulin yah bahwa soundman itu adalah unsur wajib buat Thousand Sunny. Tapi mimin kaya nya kurang kompeten buat jelasin betapa penting nya soundman, disini mimin mau berbagi tips pentingnya branding, marketing dan sebagainya yang tentu sangat erat sama team dokumentasi. cus kita mulai
HARUS DIPERHATIKAN! Mimin Bukan bilang lebih baik skill branding dan marketing ketimbang skill permainan dan musikalitas, SAMA SEKALI TIDAK! sudah jelas Thousand Sunny itu band, sudah hal WAJIB untuk terus mengimprove musikalitas. WAJIB! Hanya saja Mimin tidak berkompeten untuk memberi tips hal hal yang seperti itu. Jadi mimin bahas tentang branding dan marketing. Oke yah?




1. Emang penting bawa bawa team dokumentasi? So ngartis. Panitia juga ada ko divisi dokumentasi.
Masih ada yang mikir kaya gitu? hahaha. Jangan salah, team dokumentasi itu hal yang penting dalam sebuah band loh. Liat aja instagram band band besar, mereka juga punya team dokumentasi sendiri yang sealu di sebut di mention Instagram mereka. Bahkan kalau temen temen nonton daily vlog nya Pee Wee Gaskins, Dailygaskins. Ada episode dimana mungkin transportasi mereka ga mencukupi buat bawa team dokumentasi, mereka bikin pengumuman di sosial media mereka kalau mereka butuh team dokumentasi buat perform di kota ini. Dan ahirnya mereka dapet team dokumentasi dari fan base nya sendiri, Party Dork yang domisilinya di kota tempat mereka manggung itu. Masih mikir ga penting? Aaah tapi kan mereka mah jelas artis.... Bla bla bla. Ada yang berpikiran kaya gitu? Kalian perform untuk jadi artist dooong. Iya ga? Tapi nanti mimin jelasin juga buat apa sih, selain buat jadi artist. Terus divisi dokumentasi dari panitia kan udah ada. kenapa ga cukup? Ada dua alasan. Pertama, kadang dokumentasi mereka engga di publikasi in guys! Bukan kadang malah, cukup sering! jadi buat apa di dokumentasiin tapi ga di publish kembali kan? Yang kedua, kita belum tau SKILL panitia tersebut dalam mendokumentasikan tuh segimana. PASTI banyak banget orang rrang yang memeang punya skill dokumentasi yan bagus tentu nawarin diri jadi team dokumentasi, tapi ada juga kemungkinan yang ga seperti itu kan? Beda sama bawa team sendiri yang emang udah ketauan kemampuan nya.



2. Beres manggung update, Hashtag seabreg abreg. Penting?
Ini juga point yang sangat penting! Kenapa sih harus banget update beres perform? Tujuan utama nya yang mimin rasa tuh buat menjangkau penonton baru yang baru liat band kita atau belum follow akun kita. Tentu penampilan yang sangat baik bisa memukau penonton dan membuat kita semakin dikenal. Untuk Menjangkau orang orang yang belum mengikuti kita adalah update disaat yang pas setelah perform. Kenapa? Mungkin aja ada yang terpukau dengan performance kita, biasanya dia akan langsung penasaran ini band apa sih? IG nya apa? Sering manggung dimana aja dan sebagainya. Disaat dia masih excited kaya gitu pas banget untuk kita upload sesuatu di social media kita dengan kata kunci yang makin mempermudah dia menemukan kita. Makanya Mimin selalu update foto bersama penonton paling lambat 1 hari setelah perform. Hashtag penting? Kalau masih ada yang belum faham fungsi hashtag, lebih baik hapus akun social media nya! hahahah. Bercanda. Lebih baik belajar lagi. Fungsi Hashtag adalah untuk mempermudah pencarian kita sesuai dengan apa yang ingin kita cari. jadi sudah barang tentu membubuhkan hashtag adalah hal penting! Pakailah hashtag dengan hal hal yang sesuai dengan yang di upload, misal nama event nya, jadi orang yang mau mencari kita tinggal cari lewat nama acaranya. Pilih juga kata kunci yang penggunaan nya cukup banyak. kalau menurut mimin membuat hashtag dengan kata kunci baru yang belum pernah digunakan kurang bermanfaat. Karena terbukti orang jarang mencari kata kunci tersebut. Dengan pakai hashtag yang banyak digunakan, berarti kemungkinan besar hasil upload kita dilihat lebih banyak orang dan itu lah tujuan nya, supaya makin di kenal.




3. Terus apa pentingnya team dokumentasi sama branding dan marketing nya?
Sebenernya ga usah di jawab sih yah pertanyaan yang kaya gini. Hahahah. Jelas dengan dokumentasi seperti foto dan video dengan kualitas yang baik, enak diliat bakal lebih menarik dong untuk orang orang ketimbang foto asal asalan. Profile Photo temen temen juga juga tentu bakal di pilih yang terbaik dari yang terbaik kan? So, postinglah poto poto dan video terbaik band temen temen buat nunjukin keseruan temen temen untuk meningkatkan nilai jual band temen temen.





4. Sebegitunya banget pengen dapet follower. kaya buat jualan aja. Band apa OLSHOP?
Sama, ini juga sebenernya hal yang ga perlu lagi mimin jawab. Ga mungkin masih ada orang berpikiran se primitif ini. Hahaha. Tapi Mimin jelasin nih apa guna nya. Emang kita jualan kaya OLSHOP? JELAS KITA MENJUAL JASA HIBURAN MUSIK! Jadi penggunaan social media untuk ajang promosi adalah hal yang SANGAT DIPERBOLEHKAN. Kita adalah band, dimana kita perform sesuai panggilan dari si pembuat acara. So, branding dan marketing jelas hal yang sangat wajib. Gampangnya, kalau promotor ingin mengadakan acara tentu ingin pengisi acarranya tuh yang dapat menarik masa. Gimana caranya mereka bisa tau band kita bisa menarik masa? Selain dari video performance yang baik, atau pengamatan langsung di stage adalah FOLLOWERS. atau saat sebuah brand mau memberi support. Sudah jelas mereka memberi support pada kita agar orang orang melihat produk mereka lewat kita. Salah satu hal yang akan di perhatikan adalah FOLLOWERS. Sebagus apapun produk nya, secantik dan sekeren apapun modelnya, tapi kalau ga bisa tersampaikan pada banyak orang tetap tidak akan maksimal penjualannya. Jadi si pemilik produk tentunya bakal mikir minimalnya produk mereka bakal di liat sama followers dulu sebelum khalayak yang lebih luas lagi.



5. Ternyata gitu yah.... Terus gimana kalau beli follower aja?
Mimin kurang faham nih sebenernya soal cara kerja beli follower, subscriber dan sebagainya. Mungkin boleh boleh aja. Yang pasti, pelanggan kita tentu tidak semudah itu di bohongi dengan follower belian. Dari hasil belajar mimin tentang marketing dan branding lewat social media khususnya INSTAGRAM adalah. Like dalam tiap post terkahir itu minimal 10% dari jumlah follower, dan jumlah viewers instastory minimal 30% dari jumlah followers. mudahnya disaat follower temen temen 1.000, potingan postingan terakhir like nya minimal harus 100 like. Kalau follower 3.000 berarti 300 like. Kalau follower nya sangat banyak tapi jumlah like nya dibwah 10% dari jumlah follower sudah jelas something wrong. Dan pelanggan terutama penjual produk sangat faham soal beginian. Ayooo check apa postingan temen temen like nya sampe 10% dari jumlah followernya.


Followers dan like nya ga seberapa, tapi at least jumlah nya sesuai branding dan marketing yang baik.

Kurang lebih itu yang mimin rasakan dan yang mimin pelajari dari ilmu branding dan marketing di internet. Bukan berarti follower dan subscriber Thousand Sunny juga banyak. Bukan. Bahkan youtube kita belum mimin update lagi, subscriber cuma segitu, follower instagram juga cuma segitu. Yang pingin mimin sampaikan tuh, gunakan social media semaksimal mungkin. MUMPUNG GRATIS! semua sudah dipermudah. Hilangkan fikiran membawa team dokumentasi tuh SO ARTIS! Ini adalah jalan kita semoga jadi artist terkenal. Hahahahah
SHARE :
削除
[Thousand Tips] Band maen instagram mulu. Band apa OLSHOP?
    Komentar(0)